Tuesday 2 June 2020

Pandemi adalah momentun bangsa kita untuk menyalip di tikungan dan melesat jauh di revolusi industri 4.0.

Posted By: Jaka Tidar Pras Arjana - 11:54

Share

& Comment

Pandemi ini membuat saya mengingat banyak hal, salah satunya adalah blog ini. blog ini adalah catatan perjalanan hidup yang tersimpan dengan rapi dan aman bersama dengan tetap eksisnya Bloger.

Corona telah merubah bangsa ini lebih cepat. saya kira akan butuh waktu lama untuk bangsa ini menuju revolusi industri 4.0 karena banyak aspek yang belum mumpuni seperti jarak antara pusat kota dan desa yang terkadang terasa amat jauh. ada yang terpisah sungai, bukit, gunung bahkan pulau.

Merubah pikiran dasar manusia adalah hal yang sulit dan siapapun yang berkuasa akan sangat sulit untuk merevolusi mental manusia yang masih terkurung oleh batas wilayah dan teknologi. Tapi, ada sesuatu yang memaksa kita sebagai bangsa untuk bergerak lebih cepat. Faktor yang tidak menyenangkan dan menyakitkan itu adalah Pandemi Corona.

Bangsa ini, butuh di tekan untuk meluncur lebih kencang dan melesat melampaui titel " negara berkembang " yang selama ini suka atau tidak suka kita sandang. saya kira butuh puluhan tahun untuk kita beradaptasi dengan teknologi baru. Tapi mengagumkan, negara ini memiliki manusia-manusia yang sangat adaptif dengan apapun. susah masker, buat sendiri. susah dapat cadangan pangan, tanam sendiri. susah dapat akses belajar, seketika beradaptasi dengan vicon dan segala macam hal berbau digital. sungguh luar biasa.

Menjadi lebih maju dan menyalip di tikungan adalah semangat yang benar-benar saya rasakan selama beberapa bulan ini. orang tua yang terkadang cuek dengan apa yang dipelajari anaknya di sekolah tiba-tiba jadi guru dadakan dirumah, yang sebelumnya jarang untuk bersama keluarga jadi hampir selalu ada dirumah, karna pandemi.

Luar biasa, saya menjadi bersemangat untuk terus maju bersama di bulan juni ini. bulan juni ini sangat spesial untuk bangsa ini. karena pada tanggal 1 juni adalah hari lahir pancasila, dasar negara ini. Dan kini benar-benar akan menjadi pedoman dasar kita, untuk melawan pandemi. Sebagai warga negara kadang kita sering lupa dengan pancasila? karna sibuk dengan gegap gempita menyambut revolusi 4.0 dan membanjirnya barang elektronik murah dari luar negeri. Kini kita tersentak karna pandemi dan tersadarkan kembali dengan semangat pancasila yang sejak dulu mampu membuat kita bisa bertahan. Betapa adaptif nya bangsa ini. Luar biasa.

Indonesia, negara yang masih sangat muda namun telah berhasil melewati berbagai krisis mulai dari gejolak sosial pasca kemerdekaan, politik yang terus berganti-ganti, dan revolusi hebat tahun 98. Kita sebagai bangsa telah berkali-kali berhasil melewati semua itu. Kini saatnya kita sebagai bangsa menjadikan momen Pandemi Covid19 ini kesempatan untuk menyalip dan melebihi bangsa lain di tikungan tajam ini.

Saya cinta negara ini, saya kagum dengan masyarakatnya, dan saya bangga dengan jiwa adaptifnya.




About Jaka Tidar Pras Arjana

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Catatan Batara™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Built with Blogger Templates.