Saturday 21 January 2012

Apa IE Itu? (Bagian 1)

Posted By: Jaka Tidar Pras Arjana - 00:24

Share

& Comment


Semuanya berawal dari mimpi. Mimpi untuk membentuk sebuah kelompok komputer sendiri menggunakan fasilitas sekolah yang saat itu terbaik se-kabupaten. ( Pentium 3 , Ram 256 dan CRT Monitor+Keyboard Batu) dan yang paling Spektakuler saat itu, uda terkoneksi internet menggunkan Modem 56 Kb/S. Wiii....hhh Paling kenceng (jaman itu).


Dengan ruangan spektakuler yang dilengkapi 2 buah pendingin legendaris ( kipas angin) dan lampu darurat yang maha menerangi ruangan lab. komputer yang super sempit. tapi disitulah awal kisah ini. Bangganya aku menjadi siswa SMA 2 jaman itu karena menjadi satu2nya sekolah yang memiliki laboratorium komputer canggih dan terkoneksi internet. Dasyaaaat!!! (jaman itu)

Pelajaranku yang pertama adalah menghidupkan komputer. alamaaaak... musti di pencet sekencang2nya baru itu kotak ajaib yang baru teman-temanku kenal bernama (CPU) dan sungguh menakjubkan ada TV yang bisa di buat maen Game. (monitor)
miris lihat teman-temanku yang baru pertama melihat komputer. (jaman itu) sekarang mereka uda ber Laptop semua. ckckck... ^-^

Setelah aku dan teman-temanku berhasil menyalakan seperangkat alat-alat yang ternyata apabila bergabung (emang Power Ranger) menjadi, bernama Komputer itu. kami di perkenalkan dengan sebuah software maha dasyat " MS.Word 2003" luar biasa software ini. kalau kita ketikan sesuatu melalui mesin ketik yang ternyata bermana (Keyboard) tiba-tiba apa yang kami ketikan langsung muncul di layar TV (monitor)yang berwarna putih kusam ke kuning-kuningan mirip kardus bekas.





Luar biasa, kalau salah ketik bisa di kembalikan ke masa lalu. dan lama kelamaan kami tau itu namanya (Undo). selain bisa dibuat ngetik sotware maha dasyat dan heboh luar biasa itu " MS.Word 2003" menyisipkan gambar ke dalam ketikan. jadilah ideku untuk membuat sebuah surat Cinta kepada kakak kelasku, yang di dalamnya akan aku berikan gambar bunga yang super indah dari " MS.Word 2003". (memalukan)




Hal pertama yang aku dan teman-temanku kenal dari internet adalah e-mail. jaman itu ada 3 jenis email. yang gratisan (katanya 3 bulan uda gak bisa dipake) yang sedang2 saja (berbayar) jelas gak cocok buat anak SMA. dan yang terakhir email bisnis (mahal banget) pasti gak mungkin pake yang ini. (Ngimpi).

Dan semuanya pada norak. tulis nama lengkap untuk di jadikan alamat email (termasuk aku) dan karena koneksi internet yang maha dasyat kami harus antri satu2 untuk membuat email.
karena :

a. koneksi lelet 2-16 kb/s yg di terima lab. (ampuun DJ)
b. penggunanya bejibun (kaya antri sembako)
c. komputernya hanya 4 biji (itu uda paling keren se-kabupaten, Jaman itu)
d. ruanganya sempit. bukan mirip gudang, tapi memang gudang.

Alhamdulilah... setelah menunggu lebih dari 2 bulan akhirnya kami punya email. (luuuuar Bisa) email... kami punya email bung, dasyat bgt gak sih SMA 2 ini. muridnya punya email) tapi masalah muncul lagi, " kira-kira gimana caranya ngirim dan terima email???? dan bukanya dimana??  di lab. komputer sumpek, rame dan lemot. di warnet umum yang saat itu hanya ada 2 warnet di kab.sumbawa harganya 15.000/jam (jaman itu uang 15.000 banyak bgt)....

dan akhirnya aku temukan satu solusi dari semua ini.....
Bersambung....

About Jaka Tidar Pras Arjana

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Catatan Batara™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Built with Blogger Templates.