Sunday 30 December 2012

Bagaimana Wikileaks Bisa Mendapatkan Data Rahasia AS

Posted By: Jaka Tidar Pras Arjana - 20:20

Share

& Comment


Wikileaks yang didirikan oleh Julian Assange (39) telah menggemparkan dunia dengan pembongkaran kawat-kawat rahasia Amerika Serikat. Bahkan Julian sudah menjadi tahanan polisi Inggris namun dengan tuduhan kejahatan sexual.

Banyak yang mempertanyakan bagaimana Julian memperoleh data-data rahasi itu. Ternyata data-data rahasia ini begitu mudah didapatkan dari seorang tentara AS berpangkat rendah bernama Bradley Manning (23) yang memiliki akses ke  Siprnet (secret internet protocol router network distribution), yaitu  jejaring database yang dibuat untuk menghubungkan personil militer AS di seluruh dunia.

Manning bahkan tidak begitu kesulitan dalam mengambil data-data ini. Dia hanya membutuhkan memory stick untuk mengambilnya. Hal yang membuat dia tidak diketahu ketika mencuri data tersebut cukuplah simple. Dia menggunakan CD dengan label Lady Gaga yang isinya sudah dihapus untuk menyalin data-data tersebut.

“Tidak ada yang mencurigainya. Saya pura-pura mendengarkan dan berlagak menyanyikan lagu Lady Gaga ‘Telephone’ ketika saya memasuki data bocor terbesar dalam sejarah. Hillary Clinton dan ribuan diplomat di seluruh dunia akan terkena serangan jantung ketika mereka mendapati pada pagi hari rahasia kebijakan internasionalnya tersedia untuk publik,” ujar Manning seperti dilansir dari The Guardian.

Ini merupakan  sebuah kesalahan yang cukup fatal bagi Pentagon dalam melindungi data-datanya. Begitu mudahnya data super rahasia ini disalin dengan menggunakan memory stick dan CD.

sumber : http://kabarit.com

About Jaka Tidar Pras Arjana

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Catatan Batara™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Built with Blogger Templates.